logo

Mahkamah Agung Republik Indonesia

Pengadilan Negeri Pamekasan Kelas 1B

Jl. P. Trunojoyo No. 397, Pamekasan, 69371

Delegasi PN Pamekasan

Sistem Informasi Penelusuran Perkara PN Pamekasan

Inovasi Pengadilan

Inovasi Pengadilan
A. Inovasi Peningkatan Kinerja
No Nama Inovasi Uraian Inovasi (Penjelasan atas kemanfaatan/fungsi dari inovasi) Hal yang melatarbelakangi di gagasnya inovasi Data/Informasi atas Penggunaan Inovasi Dampak Langsung bagi layangan dengan adanya inovasi
1 Pengajuan ATK Elektronik Pengajuan permintaan ATK secara elektronik guna mendukung transparansi pemakaian & keterbukaan informasi mengenai daftar keluar masuknya ATK yang merupakan bagian dari Barang Milik Negara Belum optimalnya kontrol pemakaian ATK serta tidak teraturnya permintaan ATK pada setiap bagian Monitoring permintaan ATK & history pemakaian Pimpinan dapat memonitoring langsung history pemakaian ATK supaya tidak digunakan secara boros & mudahnya memantau barang ATK yang sudah siap sehingga pengaju tidak perlu menunggu untuk petugas mencari barang terlebih dahulu, sehingga menjadi lebih efektif & efisien
2 Kartu Kendali Elektronik Alat bantu untuk melakukan pengendalian atau monitoring BMN berkala secara elektronik Kartu kendali sebelumnya masih menggunakan stiker yang harus ditempel pada setiap alat BMN sehingga membuat tidak efektif apabila Barang tersebut berada pada tempat yang sulit diakses Data informasi mengenai kelayakan Barang Milik Negara Ddapat melakukan monitoring secara berkala dan melakukan kontrol terhadap BMN yang sudah tidak layak pakai
3 ARKANIK (Arsip Perkara Secara Elektronik) Penyimpanan arsip perkara secara elektronik dari awal persidangan hingga putusan dalam satu folder sharing hingga dapat diarsipkan setelah putus. Banyaknya perkara yang belum diarsipkan karena kelengkapan berkas arsip belum diserahkan kepada kepaniteraan hukum. Berkas perkara yang masih aktif Ketepatan waktu proses pengarsipan perkara
B. Inovasi Peningkatan Integritas
No Nama Inovasi Uraian Inovasi (Penjelasan atas kemanfaatan/fungsi dari inovasi Hal yang melatarbelakangi di gagasnya inovasi Data/Informasi atas Penggunaan Inovasi Dampak Langsung bagi layangan dengan adanya inovasi
1 CMS Pengembalian sisa panjar Menjaga  Integritas dan Kredibilitas Publik Persetujuan PSP Melalui CMS Percepatan Pembayaran dan Pengembalian Sisa Panjar Serta Meningkatkan Kredibilitas dan Integritas Aparatur Peradilan
2 PNBP non tunai Pembayaran PNBP Melalui QRIS Menjaga  Integritas dan Kredibilitas Publik Papan Akrilik QRIS dan No Rek Percepatan Pembayaran dan Meningkatkan Kredibilitas dan Integritas Aparatur Peradilan
3 Mesin EDC Pembayaran PNBP dan Panjar Melalui Mesin EDC Menjaga  Integritas dan Kredibilitas Publik Percepatan Pembayaran dan Meningkatkan Kredibilitas dan Integritas Aparatur Peradilan
4 Pembayaran Panjar Banding, Kasasi, PK non tunai Pembayaran Biaya Perkara Virtual Account Melalui CMS Menjaga  Integritas dan Kredibilitas Publik Virtual Account Banding dan Dirput Admin MA Percepatan Pembayaran dan Meningkatkan Kredibilitas dan Integritas Aparatur Peradilan
5 Penyatuan Ruangan Hakim Menerapkan konsep Hakim mengawasi Hakim Upaya peningkatan integritas Laporan Kinerja Kesekretariatan meningkatkan integritas layanan dan mencegah adanya penyimpangan
6 Pemisahan area layanan dan area kerja Penerapan Manajemen Risiko potensi adanya penyuapan Risiko adanya penyuapan dan OTT KPK yang sering terjadi di lingkungan kerja pengadilan Laporan Kinerja Kesekretariatan meningkatkan integritas layanan dan mencegah adanya penyimpangan
C. Inovasi Peningkatan Pelayanan Publik
No Nama Inovasi Uraian Inovasi (Penjelasan atas kemanfaatan/fungsi dari inovasi Hal yang melatarbelakangi di gagasnya inovasi Data/Informasi atas Penggunaan Inovasi Dampak Langsung bagi layangan dengan adanya inovasi
1 Buku Tamu Elektronik alat bantu untuk mengetahui seberapa banyak jumlah tamu atau orang yang datang ke suatu instansi. Penggunaan buku tamu sebelumnya masih menggunakan buku tamu secara manual book, sehingga tidak dapat mencantumkan foto asli dan KTP dari tamu yang datang data informasi dari setiap tamu yang berkunjung & datang pada Kantor PN Pamekasan berupa Foto wajah & data KTP Mendukung keterbukaan Informasi mengenai data tamu yang datang serta dapat mengetahui pihak-pihak yang menemui tamu tersebut
2 Brosur Digital alat bantu untuk mengetahui dokumen persyaratan pada pelayanan PTSP kurangnya informasi kepada penerima layanan PTSP untuk mendapatkan pelayanan secara efektif Dokumen Persyaratan Pelayanan PTSP Kemudahan informasi dan layanan bagi masyarakat penerima layanan
3 Sakera (Sistem Elektronik Kelola Informasi Perkara) Penyampaian dan permintaan informasi melalui whatsapp dengan bot dan penyesuaian informasi lokal pegawai terdapat adanya keterbukaan informasi maka adanya inovasi sakera untuk mendukung informasi publik Data informasi yang diminta dan diperbolehkan yang dapat dibagikan sesuai dengan aturan yang berlaku Permintaan informasi bagi masyarakat pencari keadilan
4 Mediasi Elektronik Percepatan dan Kemudahan Memudahkan para pihak melaksanakan mediasi dimanapun Persetujuan Para Pihak Percepatan, Kemudahan
5 Antrian Layanan prioritas layanan untuk kelompok disabilitas dan kelompok rentan, memudahkan kelompok tersebut untuk menerima pelayanan Memfasilitasi kelompok disabilitas dan kelompok rentan untuk mendapatkan pelayanan prioritas Sistem Antrian Kemudahan bagi kelompok disabilitas dan kelompok rentan
6 Posbakum Online permintaan layanan dan informasi pelayanan langsung kepada kontak petugas posbakum Kemudahan informasi dan layanan secara online dan cepat Informasi dan layanan yang diberikan oleh posbakum Kemudahan informasi dan layanan bagi masyarakat pencari keadian
7 Flyer e-Izin Besuk layanan izin besuk tahanan melalui aplikasi e-Berpadu Pelayanan izin besuk tahanan yang kurang efektif Prosedur dan persyaratan permohonan izin besuk tahanan Kemudahan layanan izin besuk bagi masyarakat
8 Aplikasi Senayan (Catalogue Elektronik) layanan arsip buku perpustakaan secara elektronik kurang efektifnya pencarian buku pada perpustakaan Daftar ketersediaan buku yang ada di perpustakaan untuk mempermudah akses pencarian buku yang di perpustakaan
9 Pelayanan Persidangan bagi Penyandang Disabilitas prioritas layanan untuk penyandang disabilitas dan kaum rentan Memfasilitasi penyandang disabilitas dan kaum rentan untuk mendapatkan pelayanan prioritas Sarana prasarana yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan kaum rentan Kemudahan bagi penyandang disabilitas dan kaum rentan
10 E-PETASAN (Pelayanan Disabilitas Pamekasan) Formulir Elektronik pra kunjungan bagi penyandang disabilitas. Belum efektifnya penggunaan layanan disabilitas pada Pengadilan Negeri Pamekasan Sarana prasarana yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan kaum rentan Kemudahan layanan bagi penyandang disabilitas dan kaum rentan
11 LANTAS (Layanan Antar Jemput Disabilitas) layanan antar jemput gratis kepada penyandang disabilitas untuk mempermudah akses pelayanan dari pengadilan sesuai kebutuhan pengguna layanan Mencegah kurangnya sikap tanggap dari kantor pengadilan terhadap kaum disabilitas Sarana prasarana yang dibutuhkan penyandang disabilitas dan kaum rentan Kemudahan Akses bagi penyandang disabilitas dan kaum rentan
12 SIPATU (Garansi Tepat Waktu) Aplikasi yang memberikan garansi tepat waktu atas pelayanan PTSP dan kemudahan akses Pemberian Kompensasi jika terdapat pelayanan PTSP yang tiddak tepat waktu Belum diperhatikannya manajemen waktu pada pelayanan PTSP Timer dan SOP pelayanan PTSP Ketepatan waktu sesuai SOP Pelayanan pada PTSP
13 SINGKAT (Sistem Pengingat Jangka Waktu Memori dan Kontra Memori Upaya Hukum Pidana) Sistem informasi pengingat batas waktu pengajuan memori dan kontra memori upaya hukum pidana melalui reminder whatsapp dan QR-code Belum adanya fitur upaya hukum pada aplikasi e-berpadu dan ketidak efisienan mekanisme sebelumnya Pengingat Whatsapp pada para pihak, dan pendaftaran upaya hukum Kemudahan para pihak dalam mengajukan soft file memori dan kontra memori serta petugas upaya hukum dalam penginputan ke SIPP





Open chat
SAKERA Informasi
informasi
×

 

Selamat Datang

× POSBAKUM Online

Warning: Unknown: open(/var/cpanel/php/sessions/alt-php56/sess_joke7259tivv2o51vfaclh1r60, O_RDWR) failed: No such file or directory (2) in Unknown on line 0

Warning: Unknown: Failed to write session data (files). Please verify that the current setting of session.save_path is correct (/var/cpanel/php/sessions/alt-php56) in Unknown on line 0